Skip to main content

cara kerja kopling sepeda motor

asalamualaikum???
pagi smua sob, ''selamat hari raya idul fitri''
waduh karna kesibukan bulan ramadhan ane baru sempet nulis lagi nih. . . . .
kali ini ane mau brbagi ilmu sedikit tentang cara kerja kopling sepeda motor, langsung aja yuk ke pembahasan. . . . . .


mesin(terjadinya pembakaran,pergerakan piston,memutar poros engkol”crankshaft”)–>kopling ganda(buat motor tanpa kopling tangan”manual”)–> kopling utamanah kita dah sampai disini nih kopling utamaoke kembali ke pembahasan kita yaitu cara kerja kopling sepeda motor.
seperti kita ketahui kebanyakan motor yang ada di indonesia menggunakan kopling bertipe basah
apa sih kopling tipe basah??
itu terjadi karna kopling terendam dalam oli,beda dengan mobil yang rata2 menggunakan kopling tipe kering, karna kopling nya tidak terendam oleh oli.
sebelum lebih jauh membahas tentang kopling, kita utak atik dulu yukk kopling ini,kita harus paham apa itu kopling
nah.. kopling adalah sebuah perangkat dalam mesin yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan antara mesin dan transmisi,yang kemudian diteruskan ke gigi utama selanjutnya berahir di putaran roda
pasti sebagian sobat ada yang bertanya
kenapa sih harus pake kopling???
gini sob kopling ini berfungsi sebagai pemutus dan penghubung putaran mesin…sebenarnya fungsi utamanya yaitu mekanik fleksibilitas
kenapa aku bilang begitu??,,,karna ketika motor membawa beban yang berlebih atau over kapasitas maka kopling ini akan otomatis selip.karna memang dirancang untuk itu.
bisa di bayangkan sob bila mesin langsung terhubung dengan transmisi tanpa ada kopling.bila membawa beban yang berlebih pasti mesin mengalami crash bahkan kerusakan yang fatal.
selain itu kopling juga sebagai pendukung agar saat pemindahan gigi transmisi lebih halus.
sekarang kita ke cara kerjanya

image

di perangkat kopling ini ada 2 pelat yang berbeda
pertama pelat halus yang kedua pelat dengan kampas atau “sepatu”.masing-masing pelat memiliki dudukan atau rumah
nah pelat halus ini berada pada dudukan yang terhubung dengan transmisi
sedangkan pelat kampas(bertekstur kasar)terhubung dengan fly wheel,fly wheel(roda gila)ini terhubung dengan mesin.
ditengah kopling ini ada 4 buah pegas(per) atau lebih penekan.fungsi dari pegas ini adalah sebagai penekan agar kedua pelat tadi saling menjepit.
ditengah-tengah pegas tadi terdapat pinion yang berfungsi menekan balik pegas penekan tadi

image

jadi ketika pinion tadi menekan maka pegas akan terdorong sehingga gaya tekan pegas hilang yang membuat kedua pelat tidak lagi berhimpit/menjepit.
coba bunyikan motor sobat..kemudian tekan tuas kopling (untuk motor kopling otomatis tekan separuh tuas persnel) kemudian masukan gigi persnel coba gas.pasti motor tidak akan jalan.kemudian setelah tuas kopling di lepas motor akan bergerak atau jalan.
nah cuma segitu aja sob ilmu yg bisa ane berikan. maklum ane juga masi belajar, kalu kurang komplit sobat bisa langsung tanya aja ke guru produktif sobat semuanya
ok. smoga bermanfaat ya sobat semuanya. . . . . jagan lupa mampir lagi ke blog ane. . thks.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh surat permohonan rekomendasi BBM

    Ok gas buat agan2 yg lagi mu buka usaha jual BBM dan sedang mencari contoh surat rekomendasi buat ke SPBU pas belanja BBM langsung aja ane kasi nh contoh surat rekomendasinya. SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI BBM 2 TAK Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama              : NIMIN Pekerjaan       : Pedagang Alamat            : Dusun Mekarsari Rt 002 Rw 001 Desa Karyamulya/Teluk Bango Kec. Batu Jaya Kab. Karawang      Dalam hal ini nama tersebut membutuhkan BBM solar / premium dengan pembelian memakai jerigen di.................................................. dengan alamat............................................            Adapun keperluan pemakaian BBM solar / premium tersebut sebanyak 50 (Lima Puluh)  Liter / hari / minggu / bulan. Digunakan untuk Helleur / Kubota / Nelayan atau untuk penjualan eceran 2 (dua) tak. Dan nama tersebuta adalah benar-benar penduduk wilayah kami. Penjualan BBM 2 tak hanya untuk melayani kendaraan roda 2 (dua).     

TUNE-UP MESIN MOBIL

TUNE-UP MESIN MOBIL PENDAHULUAN         Tune-up merupakan servis yang paling sering dilakukan di banding dengan jenis servis mobil lainnya, seperti over haul , spooring balancing , dan kenteng magic (ketok majik). Tune-up merupakan servis yang bertujuan untuk mengembalikan tenaga motor agar sesuai dengan standarnya. Jadi, tune-up merupakan servis penting sebelum servis lainnya.        Pekerjaan tune-up harus dengan prosedurnya tanpa mengikuti urutan yang benar, hasil tune-up tidak akan sempurna dan banyak mengalami terjadinya pengulangan pekerjaan. (Boentarto,2008;1).  Rumusan masala Ø   Alat apa saja yang dipergunakan dalam melakukan tune-up ? Ø   Komponen apasaja yang harus diperiksa ketika melakukan tune-up? Ø   Bagai manakah tata cara tune-up yang benar?  Tujuan dalam kajian ini adalah: v   Memberikan penjelasan kepada pembaca, komponen apasaja yang harus di periksa saat pengerjaan tune-up . v   Memberikan penjelasan kepada pembaca, tentang pen

Definisi kopling

KOPLING Defenisi Kopling dan Jenis-jenisnya Kopling adalah suatu elemen mesin yang berfungsi untuk mentransmisikan daya dari poros penggerak ( driving shaft ) ke poros yang digerakkan ( driven shaft ), dimana putaran inputnya akan sama dengan putaran outputnya. Tanpa kopling, sulit untuk menggerakkan elemen mesin sebaik-baiknya. Dengan adanya kopling pemindahan daya dapat dilakukan dengan teratur dan seefisien mungkin. Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh  sebuah kopling adalah: 1. Mampu menahan adanya kelebihan beban. 2. Mengurangi getaran dari poros penggerak yang diakibatkan oleh gerakan dari elemen lain. 3. Mampu menjamin penyambungan dua poros atau lebih. 4. Mampu mencegah terjadinya beban kejut. Untuk perencanaan sebuah kopling kita harus memperhatikan  kondisi-kondisi