Skip to main content

TUNE-UP MESIN MOBIL

TUNE-UP MESIN MOBIL
PENDAHULUAN
        Tune-up merupakan servis yang paling sering dilakukan di banding dengan jenis servis mobil lainnya, seperti over haul, spooring balancing, dan kenteng magic (ketok majik). Tune-up merupakan servis yang bertujuan untuk mengembalikan tenaga motor agar sesuai dengan standarnya. Jadi, tune-up merupakan servis penting sebelum servis lainnya.
       Pekerjaan tune-up harus dengan prosedurnya tanpa mengikuti urutan yang benar, hasil tune-up tidak akan sempurna dan banyak mengalami terjadinya pengulangan pekerjaan. (Boentarto,2008;1).

 Rumusan masala
Ø  Alat apa saja yang dipergunakan dalam melakukan tune-up?
Ø  Komponen apasaja yang harus diperiksa ketika melakukan tune-up?
Ø  Bagai manakah tata cara tune-up yang benar?


 Tujuan dalam kajian ini adalah:

v  Memberikan penjelasan kepada pembaca, komponen apasaja yang harus di periksa saat pengerjaan tune-up.
v  Memberikan penjelasan kepada pembaca, tentang pengetahuan bagai mana cara tune-up.
v  Memberikan penjelasan kepada pembaca alat-alat apa saja yang di persiapkan sebelum melakunan tune-up.

 Manfaat dalam kajian ini adalah :
v  Untuk meningkatkan pengetahuan dasar, kepada pembaca bagai mana tatacara tune-up yang baik dan benar.
v  Pembaca dapat memahami bagai mana memeriksa komponen mesin mobil dalam pengerjaan tune-up.
v  Pembaca dapat memahami fungsi alat-alat yang di pergunakan dalam pengerjaan tune-up.

PEMBAHASAN
         Bagi pemilik kendaraan beroda empat mengerti tentang tune-up, sangatlah menguntungkan karena tidak repot bolak-balik kebengkel, dan tidak akan mengocek kantong.  Pengerjaan tune-up sebenarnya tidaklah sesulit yang di bayangkan, pekerjaan tune-up hanya meliputi sistem pengapian, sistem kompresi, dan sistem pendingin tidak meliputi sistem casis. di sini kami akan memberikan penjelasan yang sangat mudah di mengerti bagi pembaca, bahkan untuk orang yang awam tentang engine sekalipun.

A.    Peralatan yang di perlukan
 Alat yang dipergunakan dalam pengerjaan tune-up sebagai berikut:
Ø  kunci pas.
Ø  kunci ring.
Ø  haidrometer
Ø  multimeter
Ø  obeng positip dan negatif.
Ø  feeler gauge (penbgukur celah).
Ø  ampelas.
Ø  timig light.
Ø  engine analyzer.
Ø  tes kompresi.
Ø  kain lap.

B. Pengerjaan tune-up.
  1. Pemeriksaan baterai
              Komponen-komponen pada bateri





           




                    Gambar 1. (dimas,2011)
v  Terminal (+) dan terminal (-).     
v  Plat positif dan negatif.
v  Casing .
v  Elektrolit.
v  Vent plug. Supriyanto(2011)


  a. pemeriksaan terminal batrai.
        terminal batrai di katakan baik dan layak pakai apabila tidak berkarat dan tidak haus.
   b. pemeriksaan tegangan batrai
     Memeriksa tegangan batrai harus menggunakan multimeter, tegangan batrai                                             yang  baik adalah 50amper 12volt.
  c. pemeriksa volume elektrolit.
         Volume eloktrolit  tidak boleh melebihi batas upper level, apabila lebih ketika ada goncangan air elektrolit bisa tumpah dan bisa merusak bodi kendaraan. Dan air elektrolit tidak boleh kurang dari batas lower level, apabila kurang dari batas lower level akan merusak sel-sel dalam batrai.
  d. pemeriksaan berat jenis air batrai
        memeriksa berat jenis batrai harus menggunakan hidrometer, kuantitas air batrai yang masi layak pakai, ketika dalam pengukuran harus berwarna bj hijau
(1260-1280). apabila berada di warna putuh harus di cas. Dan  bila berada di warna merah maka air batrai harus di ganti, dengan air accu yang baru.

2. Pemeriksaan saringan udara (air filter).
             Saringan udara yang baik tidak berkarat dan tidak tersumbat kotoran, apa bila saringan udara tersumbat oleh debu, maka bersihkan dengan kompresor.

3. Pemeriksaan sistem pendingin.
             Buka tutup radiator dengan cara di putar kekanan, kemudia liat air radiator dari luang pengisian air. Jika air radiator kuran tapi air tidak keruh, atau berkarat maka tambah secukupnya dengan air bersi namun apabila air keruh atau berkarat maka kuras radiator dan ganti dengan air yang bersih ( Boentarto,2008;6). Jika air berminyak, berarti terjadi kebocoran oli yang menuju sistem pendingin air. Periksa juga kemungkinan terjadinya kebocoran air pendingin dengan melihat ada tidaknya rembesan air diluar radiator. Dan jangan lupa memeriksa tali kipas, tali kipas sangat berpengaruh terhadap sistem pendingin, talikipas dikatakan masi layak pakai apabila tidak retak dan tidak haus, apabila tali kipas telah retak atau haus maka secepatnya diganti dangan yang baru.

  4. Pemeriksaan oli mesin

             







Apabila oli mesin tidak memenuhi titik garis maka tambah secukupnya.

 5. Penyetelan katup
           Cara menyetel katup, lakukan langkah mencari posisi top kompresi dengan cara, Putar poros engkol searah jarum jam, dengan menggunakan kunci ringpas 19mm. buka tutup kepala silinder gunakan kunci ringpas 12mm dan obeng min(-), putar baut pengikat pengunci rocker arm, putar penekan pushroad menggunakan obeng min  (-), kemudian ukur celah katup antara rocker arm dengan batang katup menggunakan filler gauge, sesuai kebutuhan anda. Kalu ukurun setandar untuk katup in 0,25mm, untuk ex 0,30mm.

 6. pemeriksaan katup PVC
            Periksa kerja katup pvc dan kerapatannya, apabila katup pvc telah rusak sebaiknya secepatnya diganti, karena katup pvc sedikit berpengaruh terhadap kompresi.

 7. pengukuran kompresi
              Masukan alat pengukur kompresi kesetiap lubang busi, kemudian lihat hasil pengukuran kompresi mesin dikatakan standar apabila masing-masing silinder memenuhi setandar 80-120kg.

 8. pemeriksaan sistem pengapian
   a. membersihkan sistem pengapian
Ø  Membersihkan busi
          bersihkan busi dengan sikat kawat, setelah bersih gunakan ampelas untuk menggosok bagian celah busi, selanjutnya ukur kerenggangan celah busi 40mm dengan menggunakan Feeler gauge (pengukur celah).
Ø  Membersihkan rotor
          Buka tutup distributor, cabut rotor di distributor, gunakan ampelas untuk membersihkannya.
   b. Memeriksa kabel busi
              (Drs. Boentarto,2008;15) kabel busi tidak boleh diganti dengan kabel yang sembarangan kualitasnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari hambatan yang besar pada busi. Isolasi kabel busi harus memenuhi syarat, karena listrik yang dialirkan bertegangan tinggi (15.000-20.000 volt). Isolasi kabel busi yang sudah usung harus diganti kabelnya. Kabel busi yang retak isolatornya menyebabkan timbulnya cross fire, yakni indukasi pada kabel yang berdekatan, sehinga busi yang kabelnya terkena indukasi meloncatkan bunga api liar dan menyebabkan kerja mesin terganggu.
   c. memeriksa tutup distributor
           Tutup distributor dikatakan masi layak pakai apabila tidak retak, tidak haus, mampu mengalirkan listrik tegangan tinggi, dan dapat menutup rapat distributor.
   d.    mengukur perimer coil
Ø  Ukur hambatan pada gulungan perimer dengan ohm meter (skala x1). Hambatan gulungam primer 3.1
Ø  Ukur hambatan pada gulungan sekunder dengan ohm meter (skala 1.000). hambatan gulungan sekunder 7,2-10,8.
Ø  Ukur hambatan isolasi (sekat) antara terminal utama dan rumahnya. Gunakan tagangan 500 v  untuk mengukur jangkauan (range) hambatan. Hambatan normal 10 M ohm.(syaiful eka(2012).  
   e. pemeriksaan vakum advance
           cabut selang yang menempel pada vakum yang ada di distributor, gunakan alat ukur tes kompresi. Ukuran standar vakum adalah 4,2 k.
   f. pemeriksaan idle
           gunakan obeng min(-), besarkan idel ketika mesin hidup kurangi pelan-pelan, gunakan alat ukur multimeter, standar idel adalah 750 rpm.
   g. penyetelan saat pengapian
           gunakan alat ukur timing light kabel positif  kebatrai 12v. Kabel negatif ke kabel busi no1
arahkan timig light ke poros, engkol dan lihat hasil pengukuran pengapian.  dikatakan setandar apabila hasil pengukuran 8-9 sebelum TMA(titik mati atas).
    h. penyetelan sudut dwell
           gunakan alat ukur multimeter, gerakan distributor perlahan-lahan. Sampai ukuran sudut dwell 5,2 .

    setelah semuah langkah diatas di kerjakan maka tune-up selesai, nyalahkan mesin mobi, mobil siap di pakai dengan pengapian, kompresi, laju mesin menjadi normal.

C. Kesimpulan
       Tune-up merupakan servis terpenting dalam kendaraan sebelum kendaraan di gunakan, tune-up hanya meliputi sistem pengapian, sistem kelistrikan, dan sistem kompresi.

D. Saran
    Dalam melakukan tune-up. Sebaiknya dilakuklan di tempat yang terang, dan tidak mengganggu lingkungan. Bagi seorang pemula dalam melakukan tune-up sebaiknya harus di bingbing terlebih dahulu oleh seorang yang telah ahli, Dalam melakukan tune-up. simpanlah alat dengan menggunakan meja agar ketika mengambil alat yang diperlukan tidak sulit dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mencarinya.  

E. Daftar pustaka
Ø  Boentarto.2008.tune-up mesin mobil.jakarta selatan.jagakarsa.
Ø  Ilham.dimas20011”merawat batrai.”http//booger.duniamesin.com
             Di unduh pada.21 desember 20011.
Ø  Setiawan.rahfi.2008”dunia otomotif.”http//bloger.wodpress.com
             Di unduh pada.30 agustus 2008.

Ø  Tim harmoni2007.otomotif.yogyakata.bentang.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh surat permohonan rekomendasi BBM

    Ok gas buat agan2 yg lagi mu buka usaha jual BBM dan sedang mencari contoh surat rekomendasi buat ke SPBU pas belanja BBM langsung aja ane kasi nh contoh surat rekomendasinya. SURAT PERMOHONAN REKOMENDASI BBM 2 TAK Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama              : NIMIN Pekerjaan       : Pedagang Alamat            : Dusun Mekarsari Rt 002 Rw 001 Desa Karyamulya/Teluk Bango Kec. Batu Jaya Kab. Karawang      Dalam hal ini nama tersebut membutuhkan BBM solar / premium dengan pembelian memakai jerigen di.................................................. dengan alamat............................................            Adapun keperluan pemakaian BBM solar / premium tersebut sebanyak 50 (Lima Puluh)  Liter / hari / minggu / bulan. Digunakan untuk Helleur / Kubota / Nelayan atau untuk penjualan eceran 2 (...

cara kerja kopling sepeda motor

asalamualaikum??? pagi smua sob, ''selamat hari raya idul fitri'' waduh karna kesibukan bulan ramadhan ane baru sempet nulis lagi nih. . . . . kali ini ane mau brbagi ilmu sedikit tentang cara kerja kopling sepeda motor, langsung aja yuk ke pembahasan. . . . . . mesin(terjadinya pembakaran,pergerakan piston,memutar poros engkol”crankshaft”)–>kopling ganda(buat motor tanpa kopling tangan”manual”)–>  kopling utama nah kita dah sampai disini nih  kopling utama oke kembali ke pembahasan kita yaitu cara kerja kopling sepeda motor. seperti kita ketahui kebanyakan motor yang ada di indonesia menggunakan kopling bertipe basah apa sih kopling tipe basah?? itu terjadi karna kopling terendam dalam oli,beda dengan mobil yang rata2 menggunakan kopling tipe kering, karna kopling nya tidak terendam oleh oli. sebelum lebih jauh membahas tentang kopling, kita utak atik dulu yukk kopling ini,kita harus paham apa itu kopling nah.. kopling adalah sebuah perangkat dalam mesin yang ...